Pimpin Pengibaran 39 Bendera Kontingen, Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut PON XXI Sumut Merupakan Kebanggaan dan Kehormatan

Pimpin Pengibaran 39 Bendera Kontingen, Pj Gubernur Agus Fatoni Sebut PON XXI Sumut Merupakan Kebanggaan dan Kehormatan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menyebut pagelaran PON XXI di Sumut merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan sekaligus tanggung jawab besar sebagai pelaku sejarah dalam berkontribusi menyukseskan dunia olahraga di Indonesia. Hal ini disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Pengibaran Bendera Kontingen dalam rangka Pelaksanaan PON XXI wilayah Sumut di Lapangan Astaka Medan, Deliserdang, Sumut, Minggu (8/9/2024).

“Dengan kegiatan ini sejarah panjang akan mencatatkan kita sebagai pelaku sejarah. Mari kita bersama-sama merapatkan barisan menyatukan tekad menyamakan langkah, bergerak serentak dan bersama untuk terus berusaha bersatu padu bergotong royong, menyukseskan pelaksanaan PON XXI di Sumut,” ucap Fatoni.

Sebanyak 39 bendera kontingen dari seluruh Indonesia dikibarkan oleh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumut. Upacara ini diikuti oleh unsur TNI Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Pramuka.

Melalui momentum ini, Fatoni meminta agar pelaksanaan PON XXI dapat menorehkan sejarah bahwa Provinsi Sumut mampu menjadi tuan rumah yang baik, salah satunya dengan memuliakan tamu yang berdatangan. Tak hanya itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk bersikap ramah agar dibanggakan masyarakat luas sebagai tuan rumah yang baik.

“Kita ingin PON ini berjalan sukses baik kenegaraan, prestasi dan juga ekonomi daerah. Dengan menjadi tuan rumah tentunya banyak keuntungan yang kita peroleh, infrstruktur dibangun, sarana prasana disediakan, tenaga kerja dapat ditampung, ekonomi berkembang termasuk pariwisata dan yang paling utama kita punya pengalaman dalam penyelenggaraan even besar dalam olahraga,” jelas Fatoni.

Menurut Fatoni, kesempatan Provinsi Sumut menjadi tuan rumah kembali berkisar pada 80 tahun yang akan datang. Hal ini berdasarkan jumlah provinsi saat ini berjumlah 38 yang apabila pelaksanaan PON dibagi dua provinsi sebagai tuan rumah lalu dibagi lagi pelaksanaanya 4 tahun sekali maka kesempatan Sumut berada pada 80 tahun yang akan datang.

“Perjuangan menjadi tuan rumah juga tidak ringan, dan kita diberikan amanah ini, mari kita jalankan dan laksanakan bersama-sama kita akan menjadi tuan rumah yang baik,” ucap Fatoni.

Hadir pada upacara ini, di antaranya Sekretaris Daerah Sumut Arief S Trinugroho, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Forkopimda, OPD Sumut serta lainnya.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *