Edy Rahmayadi Harap Empat Proyek Strategis Dorong Ekonomi Sumut

Edy Rahmayadi Harap Empat Proyek Strategis Dorong Ekonomi Sumut

Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengungkap ada empat proyek strategis pemerintah pusat yang berada di daerah. Program tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut.

 

“Proyek strategis di Sumut yakni KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Danau Toba, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Sei Mangkei, Food Estate Humbang Hasundutan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung bersama pelabuhannya,” ujar Edy di Medan, Kamis (25/3/2021).

 

Menurutnya, empat kawasan strategis nasional itu diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pada 2020, pertumbuhan ekonomi Sumut terkontraksi cukup dalam atau minus 1,07 persen dari 2019 yang mencapai 5,22 persen.

 

“Diharapkan pada 2021, perekonomian Sumatra Utara bisa lebih baik,” katanya.

 

Edy mengungkapkan, manfaat empat kawasan strategis nasional itu akan semakin dirasakan dengan cepat oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan masyarakat. Apalagi jika proyek itu melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat.

 

Dia membeberkan, selain empat proyek strategis tersebut, ada empat proyek strategis daerah yang juga masih berkolaborasi dengan pusat.

 

Mulai dari rusunawa terintegerasi Sei Mangkei, Sport Centre, jalur kereta api Pematangsiantar-Parapat dan Light Rapid Transit (LRT) Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang).

 

“Proyek-proyek strategis itu benar-benar diharapkan memberikan dampak besar pada pembangunan Sumut,” katanya.

 

Edy menegaskan, keterlibatan daerah yang diperbesar akan mendukung kesinambungan proyek-proyek tersebut berjalan baik.

 

“Saya sudah sampaikan permintaan peningkatan keterlibatan pemerintah daerah di proyek strategis nasional itu ke pemerintah pusat,” ujarnya.

 

(Admin)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *