Peringati Hari Pahlawan, Wagub Musa Rajekshah Dorong Masyarakat Jadi Pahlawan di Bidangnya

Peringati Hari Pahlawan, Wagub Musa Rajekshah Dorong Masyarakat Jadi Pahlawan di Bidangnya

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mendorong masyarakat agar menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing. Dengan cara tersebut generasi saat ini akan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan baik.

 

“Agar semuanya kita, terutama generasi-generasi kita punya semangat bahwa untuk memerdekakan bangsa ini tidak mudah. Ke depan bukan hanya setelah merdeka kita selesai dalam perjuangan, tetapi tetap harus berjuang dan menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing,” kata Musa Rajekshah usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (10/11).

 

Musa Rajekshah meminta masyarakat tidak melupakan jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Melalui peringatan Hari Pahlawan, menurutnya, generasi muda akan tahu bagai mana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan.

“Semoga dengan peringatan hari ini juga tidak melupakan jasa-jasa dan mendoakan arwah pahlawan. dan juga bagi generasi-generasi bangsa kita agar mengetahui bagaimana merdekanya negara ini tidak semudah yang kita bayangkan, jadi biar menjaga kebersamaan kita, menjaga keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol RZ. Panca Putra Simanjuntak menambahkan, saat ini tugas terpenting adalah mengisi kemerdekaan dan mempersiapkan generasi berikutnya. Salah satunya adalah menamkan sejarah perjuangan bangsa.

 

“Itu perlu dalam membangun generasi berikutnya, karena kita tidak boleh melupakan jasa pahlawan yang memerdekakan bangsa ini. Itu akan menumbuhkan rasa nasionalisme kita untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara,” kata Kapolda.

 

Upacara berlangsung secara khidmat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimulai dengan mengheningkan cipta dipimpin Wagub Musa Rajekshah, peletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan dan dilanjutkan pembacaan doa di akhir upacara.

 

Usai upacara Musa Rajekshah dan rombongan melakukan tabur bunga dan berdoa di pusara para pahlawan. Musa Rajekshah juga menziarahi makam kakeknya Alm Said Ahmad yang merupakan Purnawirawan TNI AD yang pada masa penjajahan berperang melawan Belanda di Aceh.

 

Rombongan juga ziarahi makam Brigjen (Purn) A Azis Siregar  yang wafat 4 Maret 1981 karena kecelakaan pesawat di Lampung, pernah menjabat sebagai Aster Suwilhan Sumut-Kalbar. Selanjutnya, makam Letjen Purn Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat Gubernur Sumut periode 1988-1998 dan wafat 5 September 2005. Selanjutnya makam Brigjen H Abdul Manaf Lubis yang wafat pada 6 Agustus 1996 dan Gubernur Sumut periode 1966-1977 Mayjen H Marah Halim Harahap (wafat 3 Februari 2016).

 

Rombongan juga menziarahi makam keluarga Gubernur Sumut, yakni ayah Gubernur Sumut A Rachman Ishaq, Kapten Kal/485442  yang wafat pada 10 Mei 1995, dan Adik Gubernur Sumut Zulfikar Tarius Kombes Pol/67120611 yang wafat pada 24 April 2021. Sementara peserta upacara lainnya juga menyempatkan berziarah ke pusara pahlawan lain.

 

Pada upacara tersebut hadir juga Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Mohammad Nurdin, Perwakilan DPRD Sumut, Forkopimda Sumut beserta OPD Pemprov Sumut. Hadir juga berbagai Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan veteran.

 

(ADMIN WEBSITE – RS)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *