Seluruh Daerah Diharapkan Miliki Desa Wisata

Seluruh Daerah Diharapkan Miliki Desa Wisata

MEDAN – Berbagai potensi yang ada di desa dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, antara lain dengan membuat desa wisata. Karena itu seluruh  daerah kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) diharapkan memiliki sedikitnya satu desa wisata.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Hotel Le Polonia Jalan Sudirman Medan, Selasa (3/3). “Kita nanti akan menyampaikan ke kepala daerahnya minimal satu  kabupaten ada satu desa wisata, ini tergantung potensi daerahnya,” kata Wagub Musa Rajekshah.

Wagub mencontohkan, desa yang bisa memanfaatkan potensi wilayahnya adalah Desa Pematang Johar Kabupaten Deliserdang. Desa tersebut memanfaatkan sawahnya menjadi agrowisata. “Desa wisata itu kita harapkan bisa ditiru oleh desa lain,” kata Wagub.

Disampaikan Wagub, saat ini pariwisata efektif membangkitkan ekonomi masyarakat. Apalagi Indonesia khususnya Sumut memiliki kontur alam yang sangat bagus, sehingga bisa menarik wisatawan datang ke daerah ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *