Biro Perekonomian Setdaprovsu Gelar Sosialisasi Pengembangan Industri Produk Halal di Tanjungbalai

Biro Perekonomian Setdaprovsu Gelar Sosialisasi Pengembangan Industri Produk Halal di Tanjungbalai

Dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM dan mendukung percepatan Sertifikasi Halal bagi Usaha Mikro dan Kecil, Biro Perekonomian Setdaprovsu yang diwakili oleh Bapak Ismail Nasution, SH, Sp. N (Analis Kebijakan Ahli Madya) melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Industri Produk Halal Di Kota Tanjungbalai pada Selasa (5/9).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 25 peserta pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman yang memenuhi ruang Aula Sutrisno Hadi Kantor Walikota Tanjungbalai.

Membuka kegiatan, Bapak Susanto,SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Tanjungbalai menyampaikan sambutan dan harapannya kepada para peserta, dan berharap para pengusaha UKM yang hadir bisa mengikuti sosialisasi untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Sertifikasi halal sendiri merupakan salah satu legalitas produk yang penting untuk dimiliki para pengusaha makanan dan minuman. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal khususnya pasal 4, bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikasi halal. Apalagi, adanya kebijakan dari pemerintah yang membatasi mulai Tahun 2024 depan seluruh produk makanan dan minuman wajib memiliki sertifikasi halal.

Sebagai pengisi materi adalah Ir.H.Ahmad Parlindungan,M.Si, Direktur Industri Produk Halal. Beliau menjelaskan bahwa memiliki Sertifikasi Halal pada produk memiliki beberapa manfaat pada pengusaha antara lain: makin dipercaya konsumen, mempunyai nilai jual tambahan, memperluas jangkauan pasar. Cara Daftar Sertifikasi Halal Gratis melalui Website https://info.halal.go.id/pendampingan/.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Bapak Agus Salim Lubis, ST, M.M Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tanjungbalai, Ir. Yustina Clara Sidabutar, M.Si Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungbalai, Denny S. Purba, S.Si., Apt Kepala Loka POM Tanjungbalai, Rosidah, S.E. Kabag Perekonomian, Plt. Pimpinan bank sumut, Perwakilan dari kemenag, Perwakilan Dinas Perizinan, Dinas Kominfo dan Bagian Perekonomian.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *