Sosialisasi Pengembangan Industri Produk Halal Dalam Rangka Mendukung Program TPKAD Untuk UMKM Naik Kelas

Sosialisasi Pengembangan Industri Produk Halal Dalam Rangka Mendukung Program TPKAD Untuk UMKM Naik Kelas

Bupati Samosir yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM membuka secara resmi Sosialisasi pengembangan industri produk halal dalam rangka mendukung program TPKAD untuk UMKM naik kelas yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (13/09)

Turut Hadir sebagai narasumber Direktur Eksekutif KDEKS Provsu Prof.Dr.Ritha Dalimunthe, S.E., M.Si, Kepala Kantor Kemenag Samosir Tawar Tua Simbolon, S.Pak.,M.Pd.K, Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Kopnakerindag Togar Siboro, S.Pd serta para pelaku UMKM Samosir.

Bupati Samosir yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sertifikasi halal pada setiap produk UMKM di Samosir. Samosir yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Proritas, sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun Internasional, sehingga Produk-produk UMKM Samosir juga harus bertaraf Internasional yakni produk-produk yang dijual tersebut harus bisa diterima oleh semua kalangan.

Samosir memiliki potensi yang besar dengan alam yang indah dan udara yang sejuk. Sehingga selain mempromosikan objek-objek wisata, kita juga turut mempromosikan produk-produk UMKM Samosir. Para wisatawan yang datang ke Samosir saat ini cenderung berasal dari negara yang berdekatan dengan negara Indonesia seperti Malaysia, Singapura dan negara lainnya yang mana mayoritas penduduknya beragama Islam. Kita harus bisa menyambut seluruh para wisatawan yang datang dengan menyajikan produk-produk UMKM dan rumah makan yang tersertifikasi label Halal.

Diakhir sambutannya, Hotraja Sitanggang menyampaikan kepada seluruh pelaku UMKM untuk membuka diri, mensertifikasi halal produk-produknya sehingga semua orang bisa mengkonsumsi dan selalu tetap memperhatikan masa expired pada setiap produknya. Orang yang mau maju adalah orang yang mau berubah dan mau mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Bersama kita bisa, UMKM samosir naik kelas.

Prof. Dr. Ritha Dalimunthe, S.E., M.Si selaku Direktur Eksekutif KDEKS Provinsi Sumatera Utara yang menjadi narasumber acara sosialisasi tersebut, memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM. Adapun pengarahan yang diberikan terkait cara mempromosikan produk, manfaat dari produk UMKM yang telah tersertifikasi Halal, pembuatan kemasan produk yang menarik dan perlunya membangun relasi dengan para petani lokal yang menjadi penyedia bahan baku produk.

Ritha Dalimunthe menambahkan, untuk memasarkan produk makanan ringan, seperti keripik pisang, bandrek, kue dan lainnya harus dipasarkan di tempat-tempat umum, yang sering dikunjungi para wisatawan. Seperti di Kapal penyeberangan, hotel/penginapan, objek-objek wisata dan tempat lainnya dan produk yang dipromosikan itu juga harus tersertifikasi halal. Produk yang telah berlabel halal akan lebih cepat laku karena pembeli produk tersebut berasal dari semua kalangan.

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan penuh antusias dari para pelaku UMKM. Hal ini terlihat dari para pelaku UMKM menyampaikan berbagai tanggapan terkait kendala yang dihadapi, baik dari segi pemasaran maupun penyuluhan sertifikasi halal produk UMKM kepada narasumber.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *