Rakonda PKK Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Minta Terus Galakkan Pelayanan Posyandu

Rakonda PKK Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Minta Terus Galakkan Pelayanan Posyandu

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, terus menggalakkan dan mengaktifkan layanan Posyandu di berbagai kabupeten/kota di Sumut.

Saat ini, Posyandu yang aktif hanya sekitar 9.650 dari 15.712 jumlah keseluruhan Posyandu di Sumut. Tidak aktifnya pelayanan Posyandu ini karena terkendala pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

“Dengan kegiatan ini saya berpesan untuk kembali mengaktifkan  pelayanan Posyandu yang selama ini dibantu oleh mitra pemerintah yakni PKK. PKK ini adalah mitra yang sangat perlu diberdayakan sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri,” ucap Hassanudin yang membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakonda) PKK Sumut Tahun 2023 di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1, Medan,  Jumat (13/10).

Hadir di antaranya Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Hasmirizal Lubis, Ketua beserta seluruh pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumut.

Pengaktifan Posyandu ini, dijelaskan Hassanudin, untuk terus mendorong  penurunan prevalensi stunting yang masih tinggi di Sumut sekitar 21,1%, yang masih peringkat 19 dari provinsi lain yang ada di Indonesia.

“Kita harus fokus terus menurunkan data stunting ini. Progres kita memang terus menurun dari tahun 2019 dan target selanjutnya kita harus menyentuh 14% angka stunting ini,” katanya.

Pengaktifan pelayanan Posyandu ini juga untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan, dimana Kabupaten Deliserdang masih daerah tertinggi pada kematian saat melahirkan.  “Maka dari itu Posyandu ini harus digalakkan kembali yang dilaksanakan sesuai dengan kearifan lokal,” katanya.

Selain itu, Hassanudin juga menambahkan, perlunya dorongan ibu-ibu PKK dalam hal mengawasi keluarga dari jeratan Narkoba yang saat ini juga menjadi ancaman bagi masyarakat Sumut. Dimana 1,3 juta penduduk Sumut telah terpapar Narkoba.

“Narkoba adalah ancaman bagi generasi kita, pada forum ini saya kembali berpesan dan mengajak pada ibu-ibu semua untuk memperhatikan keluarga dari bahaya narkoba,” katanya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin berharap dengan kegiatan Rakonda ini dapat membahas berbagai hal terutama program PKK yang sejalan dengan program pemerintah pusat yakni 10 program pokok PKK melaju menuju Indonesia maju.

“Saya menaruh harapan besar dengan Rakonda ini akan menghasilkan nilai tambah bagi pengembangan program PKK . Kita harapkan kegiatan jadi ajang evaluasi bagi kinerja PKK Sumut selanjutnya,” ucap Dessy.

Mengenai pelayanan Posyandu, Dessy mengatakan,  Posyandu saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai objek pembangunan, tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonomi desa.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, melalui pembinaan dan sinergitas Posyandu, maka perlu melakukan optimalisasi peran Posyandu. Posyandu merupakan wadah dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai siklus hidup dan layanan sosial dasar lainnya,” katanya.

Pada kesempatan ini, Pj Ketua TP PKK Sumut juga melakukan Pengukuhan Ketua dan Pj Ketua Pembina Posyandu Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *