Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Apresiasi Medan Festival Fashion Jadi Ajang Kreativitas dan Inovasi Para Desainer

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Apresiasi Medan Festival Fashion Jadi Ajang Kreativitas dan Inovasi Para Desainer

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengapresiasi pelaksanaan Medan Festival Fashion (MFF) yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan. Acara ini berlangsung di Hotel Santika Medan, Sumut, Sabtu (13/7/2024).

“Ini suatu kehormatan buat kita bisa mengahadiri dan melihat langsung pagelaran MFF hari ini. Kita tahu bahwa Kota Medan mempunyai kebudayaan yang luar biasa, termasuk kekayaan wastra dan kriya, yang penuh dengan warna, kaya budaya, dan etnik,” ucap Fatoni.

Menurutnya, melalui ajang MFF para desainer mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi yang mereka miliki. Tak hanya itu, melalui MMF mereka juga dapat menampilkan gebrakan-gebrakan baru di dunia fashion.

“Ajang seperti ini sangat penting untuk memberikan ruang bagi para desainer, sehingga mereka bisa menunjukkan kreativitas dan inovasi,” ujar Fatoni.

Fatoni berharap melalui ajang MFF dapat melahirkan bibit desainer unggul dari Sumatera Utara. Hal ini juga memungkinkan untuk mengharumkan nama Sumatera Utara di dunia fashion.

“Kita harus berkarya dan tunjukkan kepada dunia, bahwa kita punya potensi, ini menjadi kebanggan bagi kita karena kita punya kekayaan. Kita sudah melihat tadi para pemenang lomba desainer mulai dari tingkat remaja bahkan ada anak-anak. Pemenang desainer tadi ada yang masih berusia 9 tahun, masih duduk di kelas 4 SD. Dia sudah mampu memenangkan perlombaan menjadi desainer muda,” ucapnya.

Orang nomor satu di Sumut itu mengatakan Kota Medan adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pintu gerbang untuk orang luar masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, di Medan juga terdapat banyak kantor negara sahabat dan konsulat kehormatan.

“Dengan fashion, Medan bisa dikenal dunia, layaknya di Paris dan Itali yang terkenal dengan fashionnya. Ajang-ajang seperti ini perlu dilestarikan,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Medan Bobby Afif Nasution mengatakan ini adalah ketiga kalinya MFF terselenggara di Medan. Pemerintah Kota (Pemkot) Medan memandang fashion bukanlah sekadar berbusana, matching antara baju dan celana atau bahkan sekadar pemilihan juara namun bagian penting yang mampu mengubah kesejahteraan, meningkatkan ekonomi, bahkan melestarikan budaya.

“Mudah-mudahan, harapan yang diinginkan Pemkot Medan atas kegiatan MFF ini tercapai. Ibarat kata, fashion itu lagi ‘perang’, perangnya ekonomi. Diharapkan MFF ini dapat meningkatkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat ke depannya, termasuk kepada para perajin, desainer dan pelaku UKM,” kata Bobby.

Diketahui, MFF diselenggarakan sejak 10-13 Juli 2024 dengan melibatkan 26 desainer ternama. Para undangan disuguhkan dengan fashion show wastra dan kriya dari para perancang yang dibawakan puluhan model.

Turut hadir pada MFF tersebut, di antaranya Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni, Ketua Dekranasda Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Ketua DWP Sumut Dian Arief S Trinugroho, unsur Forkopimda Medan, pimpinan OPD dan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sumut.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *