HUT ke-62 Bank Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Ingatkan Digitalisasi Jadi Tantangan ke Depan

HUT ke-62 Bank Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Ingatkan Digitalisasi Jadi Tantangan ke Depan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan percepatan digitalisasi perbankan menjadi tantangan bagi Bank Sumut ke depan, dalam menghadapi kondisi persaingan di dunia perbankan yang semakin kompetitif.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Hassanudin saat menghadiri Gathering and Ceremony Puncak Acara HUT ke-62 Bank Sumut di Ballroom Lantai 10, Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Nomor 18 Medan, Sabtu (4/11) malam.

“Digitalisasi menjadi tantangan Bank Sumut ke depan. Karena digitalisasi layanan jasa perbankan merupakan strategi untuk bisa meningkatkan kepercayaan bagi para nasabah, serta efisiensi perbankan untuk  mendorong meningkatnya aktivitas ekonomi,” ujar Hassanudin.

Menurut Hassanudin, kunci suksesnya transformasi digital bukan tergantung pada kecanggihan teknologi atau kekuatan finansial, namun bagaimana mengubah semua pemangku kepentingan untuk memiliki ‘digital mindset’. Digital mindset bukan sekedar komputerisasi, tapi kemampuan manajemen dan jajaran  untuk lebih kreatif, berinovasi untuk memberikan pelayanan murah, cepat aman nyaman dan handal bagi nasabah.

“Saat ini kita harus riset kembali produk dan layanan, cara kerja baru, model bisnis baru dengan teknologi baru, apabila kita terlambat kita akan ditinggalkan nasabah. Bank Sumut harus mampu bersaing dengan bank-bank swasta nasional yang ada di Sumut agar Bank Sumut menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri,” jelasnya

Karena itu, Hassanudin meminta kepada jajaran direksi Bank Sumut untuk membangun budaya inovasi, budaya melayani, ramah dan respons akan kebutuhan nasabah, sehingga semakin banyak masyarakat percaya dan mau menjadi nasabah.

“Selamat ualng tahun, maju terus Bank Sumut, mari sama-sama kita bangun masa depan Sumut melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sumut,” harapnya

Komisaris Utama Bank Sumut Afifi Lubis mengatakan, 62 tahun lalu, dengan penuh semangat para putra-putri Sumut mengagas lahirnya Bank Sumut yang dulu bernama Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (BPDSU). Semangat itu juga yang menjadi landasan untuk bertindak, berpikir serta melakukan lompatan ke depan dalam rangka peningkatan kemajuan Bank Sumut ini.

Afifi pun berharap kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota  se-Sumut selaku pemegang saham, tetap memberikan dukungan yang besar untuk perkembangan kedepan.

“62 tahun ini menjadi saat yang tepat untuk melakukan koreksi dan perbaikan apa yang telah dan belum dicapai. Kita harapkan bersama Bank Sumut ke depan akan semakin baik dan benar-benar menjadi tuan rumah di Sumut,” harap Afifi.

Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi di usia 62 tahun Bank Sumut menyampaikan beberapa prestasi serta kinerja keuangan yang terus tumbuh. Seperti laba bersih saat ini  meningkat 5,7 % dari tahun sebelumnya, yakni pada Oktober 2023 telah membukukan laba Rp620 miliar dibandingkan posisi Oktober 2022 laba Rp587 miliar.

Dari segi penyaluran kredit dan pembiayaan  ditahun ini, katanya, sangat positif tumbuh diangka 6,8 % yakni posisi kredit di bulan Oktober mencapai Rp29,2 triliun atau naik Rp1,4 triliun dibanding tahun sebelumnya. Total asset Bank Sumut di Desember 2022 mencapai Rp40,6 triliun dan Oktober 2023 mencapai Rp42,7 triliun. “ Alhamdulilah dari tahun sebelumnya kita sudah meningkat sekitar Rp2 triliun, “ jelasnya.

Untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Bank Sumut juga memberikan beasiswa kepada 30 orang karyawan untuk sekolah S2 di Universitas Sumatera Utara (USU) dan 4 karyawan di Universitas Gadjah Mada. Juga mengikutsertakan pendidikan Sekolah Pimpinan  (Sespi) Bank dan pelatihan lainnya, yang mendorong agar SDM di Bank Sumut menjadi sumber intellectual capital,  bukan hanya untuk Bank Sumut saja, tetapi sumber intelektual capital di tingkat nasional.

Babay Parid juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah yang memberikan kepercayaan sekaligus membangun kemitraan kepada Bank Sumut. Secara khusus, kepada seluruh purna bakti Komisaris dan Direksi Bank Sumut atas dedikasi dan jasanya membesarkan Bank Sumut

Turut hadir para Kepala OPD Pemprov Sumut, para Purnabakti Komisaris dan Direksi Bank Sumut ntara lain Djawakin Sihotang, Gus Irawan Pasaribu, Didi Duharsa, Zenilhar, Abdi Santosa Ritonga, Yulianto Maris, serta seluruh karyawan dan karyawarti Bank Sumut.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *